Domba Saya Mendengar Suara Saya

Yohanes 16: 13 Tetapi ketika dia, Roh kebenaran, datang, dia akan membimbing kamu ke dalam semua kebenaran. Dia tidak akan bercakap sendiri; dia akan bercakap hanya apa yang dia dengar, dan dia akan memberitahu kamu apa yang akan datang. 14 Dia akan memuliakan saya kerana dari saya-lah dia akan menerima apa yang akan Dia ketahui kepada anda. 15 Semua yang menjadi milik Bapa adalah milikku. Itulah sebabnya saya mengatakan Roh akan menerima dari saya apa yang akan Dia ketahui kepada anda. “

Word Commentary menyatakan isi ayat 13 dengan ringkas: “Yesus membawa kebenaran, dan menjadikannya hadir melalui kedatangannya ke dunia; Roh-membuka kebenaran ini dan menciptakan jalan masuk ke dalamnya untuk orang-orang percaya”.[1]

Kebenaran diberikan oleh Yesus, tetapi Roh Kuduslah yang membuka kebenaran ini, sehingga kita dapat memahami bukan hanya dengan pikiran kita, tetapi dengankita hati. Dan kemudian Roh menciptakan jalan masuk ke dalam kehidupan atau hati orang-orang yang beriman. Persimpangan antara Roh dan Firman, atau persimpangan teologi dan pengalaman. Karismatik besar dan kaya dengan pengalaman, tetapi entah bagaimana tidak memiliki kedalaman Firman, sementara Reformed sebaliknya dalam bidang pemberian rohani. Anda melihat betapa pentingnya ajaran dalam kehidupan Kristian kita?

Itulah hubungan dinamis antara Roh Kudus dan kebenaran atau Alkitab yang kita ada sekarang dalam hubungannya dengan Yesus. Saya percaya tidak ada perselisihan mengenai perkara ini antara Reformed dan Charismatics. Namun, ada perbedaan di antara mereka karena tafsiran Reformed benar-benar membuka kebenaran atau Firman Tuhan ke dalam hati kita, sementara karismatik akan memiliki begitu juga dengan mendengar suara Roh, dan kenabian. Pembukaan firman Tuhan kepada orang percaya oleh Roh, adalah apa yang disebut Rhema, firman Tuhan yang dipercepat, per karismatik. Jadi itu adalah perkara biasa bagi kedua-duanya. Namun, karismatik juga mengaitkan ayat ini berdasarkan:

 John 10: 27 Domba-domba saya mendengar suara saya, dan saya mengenal mereka, dan mereka mengikuti saya. 28 Aku memberi mereka kehidupan yang kekal, dan mereka tidak akan binasa, dan tidak ada yang akan merampasnya dari tanganku. 29 Bapa-Ku, yang telah memberikannya kepadaku, lebih besar dari semua, dan tidak ada yang dapat merampasnya dari tangan Bapa. 30 Saya dan Bapa adalah satu. “

Domba-domba saya mendengar suara saya, dan saya mengenali mereka, dan mereka mengikuti saya. Itu garis penting dari Yesus. Kita mendengar suara Yesus sebagai domba-domba-Nya, dan Dia mengenal kita, dan kita mengikutinya. Masalahnya, bagaimana anda dapat mengikuti gembala, jika anda tidak mendengar suaranya? Saya melihat model literal ini, bukan hanya dari Alkitab. Tetapi dalam kehidupan nyata, domba yang sebenarnya harus mendengar gembala memanggil mereka, sebelum mereka bertindak. Itulah kebenarannya. Domba tidak bertindak balas terhadap suara yang berbeza dari tuan atau gembala mereka. Mereka mendengar suara yang mereka kenali dan bertindak balas, berjalan ke arahnya. Itulah kehidupan sebenar, juga secara rohani. Kita mengenali suara Tuhan dalam hidup kita.
Jadi saya percaya ada ruang untuk suara ‘mendengar’ sebenar dari Tuhan, dan itu akan menjadi dorongan Roh Kudus.

Kisah 16: 9 Dan suatu penglihatan muncul kepada Paulus pada waktu malam: seorang lelaki Macedonia berdiri di sana, mendesaknya dan berkata, “Datanglah ke Makedonia dan tolonglah kami.” 10 Dan ketika Paulus melihat penglihatan itu, segera kami berusaha untuk pergi ke Makedonia, menyimpulkan bahawa Tuhan telah memanggil kita untuk memberitakan Injil kepada mereka.

Ini adalah kejadian jelas Roh Kudus berbicara kepada Paulus dalam penglihatan. Ini adalah arahan utama Tuhan kepada Paulus dalam penanaman gereja globalnya yang memberitakan Injil dan Kerajaan Tuhan. Ia tidak seperti perkara kecil yang kita fikirkan dalam hidup kita mengharapkan Tuhan bercakap dengan kita. Kita perlu mempunyai penghormatan yang mendalam kepada Tuhan dalam sikap kita.

Roma 8 14 Sebab semua orang yang dipimpin oleh Roh Tuhan adalah anak-anak Tuhan.

Amin, dipimpin oleh Roh.


[1] WBC62 Vol Injil John

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s